Pertolongan Pertama Bila Luka Memar

Gambar memar, benturan, luka memar, luka benturan, kulit biru
 Ilustrasi (Flikr.com)
Luka memar biasanya disebabkan bagian tubuh terkena benturan benda keras. Bagian kullit yang terkena benturan biasanya mengalami perubahan warna menjadi agak hitam atau kebiru-biruan. Hal tersebut di sebabkan adanya pembuluh darah kecil di bawah kulit yang mengalami kebocoran sehingga darah merembes di sekitar jaringan tersebut.

Memar yang terbentuk oleh benturan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu dua sampai empat minggu. Biasanya kecepatan penyembuhan tgergantung penanganan awal saat terjadinya benturan dan juga bergantung pada daerah tubuh yang terkena benturan. Semakin keras benturan akan semakin lama peoses pemulihannya di karenakan semakin banyaknya pembuluh darah tyang mengalami kebocoran. Memar pada daerah kaki biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh di bandingkan memar pada badan, muka maupun tangan.

Pertolongan pertama yang dilakukan untuk mengatasi memar agar proses penyembuhan atau pemulihan lebih cepat adalah sebagai berikut :
  • Sesaat setelah terjadi benturan untuk secepatnya memberikan kompres dengan air dingin atau es pada bagian tubuh yang mengalami benturan. Dengan pemberian kompres air dingin atau es akan membuat pembuluh darah menjadi mengecil sehingga akan menekan terjadinya  perdarahan di bawah kulit dan juga dapat mencegah terjadinya pembengkakan. Kompres dingin sebaiknya digunakan sesaat setelah terjadi benturan saja dan maksimal pemberiannya hanya 24 jam pertama.
  • Hindari pemberian kompres hangat sesaat setelah terkena benturan. Karena hal tersebut  bisa menimbulkan memar semakin parah dan bahkan bisa terjadi pembengkakan. Biasanya orang awam mengunakan balsem atau sejenisnya.
  • Apabila memar sudah melampaui 24 jam gunakan kompres hangat (bisa juga di gunakan balsem atau sejenisnya). Dengan memberikan kompres hangat akan melancarkan peredaran darah akan mempercepat proses penyembuhan memar.
  • Apabila benturan pada daerah kaki atau tangan sesegera mungkin mengelevasikan (mengangkat bagian tubuh tersebut lebih tinggi dari jantung). Hal tersebut mampu mengurangi aliran darah yang menuju ke daerah yang mengalami memar karena benturan
  • Apabila memar bertambah parah dan bahkan terjadi pembengkakan dan disertai dengan rasa nyeri yang hebat sesegera mungkin di bawa ke rumah sakit terdekat dikarenakan kemungkinan tidak hanya memar yang terjadi tetapi bisa juga terjadi robekan tendon bahkan juga terjadi patah tulang.


Pertolongan Pertama Bila Luka Memar 9 out of 10 based on 15 ratings. 9 user reviews.

7 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...