Penanganan dan Pencegahan Cantengan (Paronychia)

Obat cantengan, cara mengobati cantengan, pencegahan cantengan, tips mengobati cantengan
Apa sih cantengan itu?

Cantengan, mungkin itu peristiwa yang banyak orang mengalaminya. Kayaknya penyakit ini sepele, tetapi rasa sakitnya minta ampun. Kiita gak akan tahan pakai sepatu saat kita cantengan karena sakit sekali rasanya.

Cantengan yang dalam istilah medis di kenal dengan "Paronychia" yaitu infeksi pada kulit yang terjadi di sekitar kuku yang bisa di sebabkan oleh jamur dan juga bakteri. Penyakit ini dapat menimpa siapa saja, tak kenal umur, jenis kelamin, maupun status ekonomi dan sosial.

Gejala utama cantengan adalah nyeri daerah kulit sekitar kuku kemerahan,bengkak, dan bila di sebabkan bakteri biasanya di sertai nanah dan bila sangat parah akan menyebabkan lempeng kuku terpisah dari dasar kuku.

Apa yang menyebabkan canthengan ?
Trauma yang biasanya di akibatkan oleh cara memotong kuku yang salah. Terkadang ada sisa kuku di tepi saat memotongnya, dan saat kuku tumbuh ujung kuku bagian tepi melukai daerah kulit sehingga menyebabkan luka dan bakteri dan jamur bisa masuk kedalam dan terjadi infeksi.
Saat membersihkan kuku yang  kurang tepat terjadi luka daerah kulit sekitar kuku kemudian luka tersebut dapat menjadi jalan masuk bakteri dan terjadi infeksi
Bagaimana Cara Penanganan Cantengan?
  • Jika Anda memiliki paronychia / cantengan karena bakteri, dengan merendam kuku dalam air panas 2 atau 3 kali sehari membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.
  • Pengobatan dengan anti biotik biasanya dilakukan oleh dokter bila di indikasikan oleh bakteri, tetapi kalo di sebabkan jamur biasanya di resepkan anti jamur. Apabila penyakit ini terlanjur parah biasanya di lakukan operasi kecil dengan pembiusan lokal dengan cara memotong sebagian kuku yang menancap di daging sekitar lipatan kuku, atah bahkan mengangkat total kuku  yang mengalami cantengan.

Apa komplikasi cantengan ?
Komplikasi akibat cantengan yang tidak tepat penangananya adalah Abses, Terjadi perubahan bentuk kuku yang permanen dan juga penyebaran infeksi ke tendon (otot) tulang dan juga masuk ke pembuluh darah.

Kapan kita harus menghubungi dokter bila cantengan?
Sebaiknya anda pergi ke dokter bila :
  • Gejala Cantengan  terus berlanjut walaupun sudah ditangani
  • Gejala  semakin memburuk dengan gejala tambahan seperti: Panas dingin / demam, perasaan sakit seluruh tubuh, nyeri persendian, nyeri otot dan luka semakin memburuk.
Bagaimana mencegah cantengan?
  • Untuk mencegah cantengan :
  1. Perawatan kuku dan kulit di sekitar kuku dengan benar.
  2. Hindari merusak kuku atau ujung jari. Karena kuku tumbuh perlahan-lahan, cedera bisa bertahan selama berbulan-bulan.
  3. Jangan menggigit kuku.
  4. Lindungi kuku dari paparan deterjen dan bahan kimia dengan menggunakan karet pelindung atau sarung tangan plastik.
  5. Membawa alat sendiri untuk  manicure kuku salon.
  • Untuk meminimalkan risiko kerusakan pada kuku:
  1. Jaga kuku halus dan rapikan mingguan.
  2. Potong kuku kaki sekitar sebulan sekali.
  3. Gunakan gunting manicure tajam atau gunting untuk pemangkasan kuku, dan papan ampelas untuk menghaluskan ujung-ujungnya.
  4. Potong kuku setelah mandi, ketika kuku dalam keadaan lembut.
  5. Rapikan kuku dengan ujung agak membulat. Potong kuku kaki lurus dan jangan memotongnya terlalu pendek.
  6. Jangan memotong kutikula )* atau menggunakan penghilang kutikula. Penghilang kutikula dapat merusak kulit di sekitar kuku. Pemangkasan menyebabkan kerusakan kutikula kulit pada dasar kuku dan memungkinkan titik masuk untuk jamur (dan bakteri), yang dapat menyebabkan infeksi.
)* Kutikula adalah kulit berwarna putih yang mengeras dan menimbun di pinggiran kuku, akibat kurang minum air putih atau seringnya terkena sabun dan detergen saat mencuci.

Penanganan dan Pencegahan Cantengan (Paronychia) 9 out of 10 based on 15 ratings. 9 user reviews.

73 komentar:

  1. kalau istilah orang betawi, sakitnya kena cantengan, bagaikan disayat sembilu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sakit banget emang.. sampai2 masuk kantor gak pakai sepatu.

      Hapus
  2. jempolan kakiku cantengan tidak sembuh2 mau potong kuku sakit, akire aku biarkan aja sampai sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah sembuh sekarang cantengannya mas?

      Hapus
    2. kalo saya alhamdulillh sekrg sudah sembuh..

      Hapus
    3. bagaimana obat/caranya? kash tau dong, sy cantengan jg dan harus pke sepatu tiap hari.. trimakash

      Hapus
    4. coba usahakan kuku nya jgn di gunting dahulu, biarkan sampe ia tumbuh keluar (biarkan sampe memanjang) walaupun sebenarnya gilu dan perih (pengen di potong terus bawaannya), rajin di bersihkan aja dengan air hangat. dan terlebih lagi di usahakan kondisinya jangn tertutup (biarkan terbuka) tapi bila memang di haruskan dengan kondisi pake sepatu, coba di tutupi dengan kapas dan kain kassa (di usahakan diganti balutan kapas tsb pada saat kita istirahat siang). intinya mas sampeyan kudu telaten untuk membersihkan. **maaf bukan maksud menggurui hanya berbagi pengalaman** terima kasih.

      Hapus
    5. coba dikucuri dengan minyak tawon mas, lakukan rutin. setiap jam lah, bila perlu ditaploki dengan kapas yang telah dikasih minyak tawom. insya allah cepet sembuhnya denga cespleng, pak. keluarga saya sering menggunakan cara ini, alhamdulillah, kaki cepet sembuhnya, malahan sakit pun jadi hilang...

      Hapus
  3. emang sakit banget terkena penyakit yang satu ini. saya sedang mengalaminya.
    parahnya lagi udah hampir setengah tahun belum sembuh smapi sekarang, ...sdh sya bawa ke dokter tpi hasilny kagak sembuh,

    BalasHapus
  4. saya juga pernah mengalami cantengan pada kedua ibu jari kaki(kanan dan kiri) selama 6 tahun, dan alhamdulillah sekarang sudah sembuh dua-duanya, sekedar berbagi pengalaman saja. Kuku nya diusahakan jangan di potong, biarkan saja sampe dia memanjang keluar. cukup kita bersihkan saja dengan air hangat (usap dengan cotton bud), memang yg saya rasakan adalah ngilu dan perih dan sambil mengkonsumsi antibiotik MYCORAL (kalbe farma).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sya sudh 1mggu ini kena cantengan di tangan kiri, sudh bernanah. Apakh bsa sembuh hnya dgn salep dan konsumsi obat antibiotik aja? Bwa k puskesmas mreka tdk mau operasi.. ingin ke dokter tpi masih bimbang.. apakh nanah nya dpat keluar sendiri? brpa lama?

      Hapus
    2. untuk bisa sembuh kembali iya, namun membutuhkan proses. tidak bisa di targetkan berapa lama. tapi klo mau bersabar coba usahakan kuku nya jgn di gunting dahulu, biarkan sampe ia tumbuh keluar (biarkan sampe memanjang).

      Hapus
  5. Kalo aku pertama tamanya emg sakit dan bengkak karena guntin kukunya trlalu dalam. Tapi lama lama gak sakit lagi karena udh kbiasa sakitnya,trus akhirnya aku potong sndiri dan sukses. Kalo kyk gini boleh gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo infeksinya sudah sembuh gak masalah kuku di potong sendiri..

      Hapus
  6. ikh ngeri banget itu kuku nya

    BalasHapus
  7. Aku pernah ngalamin sembuhnya lumayan lama kurang lebih sebulan dikasih obat macem macem akhirnya dibiarin kukunya panjang sampe nembus ke depan dijaga biar ga lembab sama sering dicuci ama sabun antiseptik physohex alhamdulillah kempes nanahnya juga hilang sendiri akhirnya sembuh..pesan kalo yanh punya kuku tipe yang melengkung jangan potong kuku pendek

    BalasHapus
  8. Ijin copy pak. . semoga tambah banyak postingan yg bermanfaat

    BalasHapus
  9. Saya udah setaun cantengan,udah pake obat yg harganya ratusan ribu tp tetep aja msh sakit,malah skrg jempol kanan saya ikutan sakit. Kalao kuku kaki dicopot pasti sakit bgt. Ada saran gak? Sakit bgt nihhh ora kuattt :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu cara terbaik dengan mengangkat kuku.
      tergantung pilihan dokter bisa mengangkat sebagian kuku atau total. kemudian mengobati dan merawat lukanya
      Yang pasti mengambil kuku dengan anestesi lokal (bius lokal) jadi tidak terasa sakit.

      Hapus
    2. Sekarang ada cara penanganan untuk kuku tumbuh ke dalam alias ingrown nail. Ga sakit, ga pake operasi ataupun suntik. Cuma emang agak lama. Pake behel kuku, dari Jerman. Di sana udah umum, di RS, klinik, salon kuku. Namanya aja behel, tapi pakenya dengan cara ditempel. Unitnya diganti tiap 4 minggu sekali sampe sembuh. Kalo di Bandung, coba ke Nail World di Istana Plaza lt 3, 022 6004875. Kalo di Jakarta, ke Mejiku Nail jl. Hang Lekir 9, 021 71110896/71005600. Di Tangerang, ke Nails Inc Supermall Karawaci FF-10 Lippo Karawaci, 021 72787229. Asal patuh, pasti sembuh tuh. Yang dikoreksi adalah nail bed nya, makanya agak lama. Tapi ga akan balik nancep lagi; kecuali kalo motong kukunya salah lagi. Operasi, setahuku balik lagi nancep tuh. Cryo juga. Selamat mencoba…

      Hapus
  10. saya juga mengalami sakit di jempol...n kayaknya jempolnya sobek..apa itu cantengan ya?


    BalasHapus
  11. cantengan biasanya terjadi akibat bakteri atau kuman...

    BalasHapus
  12. Cantengan yang dalam istilah medis di kenal dengan "Paronychia" yaitu infeksi pada kulit yang terjadi di sekitar kuku yang bisa di sebabkan oleh jamur dan juga bakteri. Penyakit ini dapat menimpa siapa saja, tak kenal umur, jenis kelamin, maupun status ekonomi dan sosial.

    Gejala utama cantengan adalah nyeri daerah kulit sekitar kuku kemerahan,bengkak, dan bila di sebabkan bakteri biasanya di sertai nanah dan bila sangat parah akan menyebabkan lempeng kuku terpisah dari dasar kuku.
    jelly gamat gold-g bisa jadi solusi

    BalasHapus
  13. informasinya singkat namun penuh arti dan sangat bermanfaat.
    thanks bos.

    BalasHapus
  14. liatnya jadi ngilu gitu ihh.. mudah"an gak akan pernah ngalamin hal sperti itu deh hehe
    jangan lupa kunjungan baliknya ya gan.
    thanks

    BalasHapus
  15. artikelnya sangat bermanfaat, thanks ya gan

    BalasHapus
  16. informasinya sangat menarik dan bermanfaat, menambah wawasan saya.
    thanks ya

    BalasHapus
  17. sangat bermanfaat gan infonya.
    sorry ya blogwalking :D
    jangan lupa kunjungan baliknya gan hehe
    thanks ya

    BalasHapus
  18. bermanfaat sekali gan, ditunggu artikel-artikel selanjutnya ya.
    thanks

    BalasHapus
  19. aahhh gambarnya bikin ngilu ihh.. untung aja aku gak pernah kaya gtu,, dan mudah"an gak akan pernah ngalamin hehe

    jangan lupa kunjungan baliknya gan, thanks ya

    BalasHapus
  20. kunjungan rutin gan, hehe sorry ya blogwalking.
    jangan lupa kunjungan baliknya. thanks ya.

    BalasHapus
  21. terimakasih informasinya sangat bermanfaat, saya tunggu artikel" selanjutnya ya..
    jangan lupa kunjungan baliknya gan, thanks

    BalasHapus
  22. informasi yang sangat bermanfaat,,,terima kasih

    BalasHapus
  23. artikelnya sangat TOP dan bermanfaat sekali bagi banyak orang...

    BalasHapus
  24. Share Infonya kereeeeeeeeeeeeeenn abis nih sob...

    BalasHapus
  25. di blog ini saya mendapatkan informasi yang menarik, Terimakasih...

    BalasHapus
  26. thanks Infonya brother,, semoga sukses selalu...

    BalasHapus
  27. kunjungan saya di hari jum'at nih sob...
    infonya sangat bermanfaat....

    BalasHapus
  28. nice Infonya sob, hehe......... Thanks

    BalasHapus
  29. Sekedar info aja, tetesin pake albothil setetes aja juga bisa, saya pribadi sering cantengan karena pekerjaan saya di arena ber air, n klo terjadi cantengan saya selalu tetesin albothil klo mo tidur malam, n alhasil sehat kembali n tinggal di bersihin deh kotorannya

    BalasHapus
  30. Jadi inget dulu pernah ngalamin ini juga,, lama bgt 4 tahunan gak sembuh2, dan akhirnya memberanikan diri untuk incisi total kuku ibu jari..jadi sembuh deh

    BalasHapus
  31. Good Afternoon,, permission to share information in this blog Obat Benjolan Di Mata Kaki Thank you very much ...

    BalasHapus
  32. Continued success for his blog Obat Benjolan Di Bahu Tradisional admin and the information is very nice ....

    BalasHapus
  33. It has been some time since I visited website with such high quality information. Thank you so much for providing such helpful information. This is really informative and I will for sure refer my friends the same. Thanks.
    Juvederm Injections Chicago

    BalasHapus
  34. Thank you very much, the information you provide is very helpful at all
    Cara Mengatasi Penyakit Kusta

    BalasHapus

  35. Thank you very much, the information you provide is very helpful at all Cara Mengatasi Kolera

    BalasHapus
  36. Thank you very much, the information you provide is very helpful at all Obat Herbal Penyakit Tetanus

    BalasHapus
  37. Thank you very much, the information you provide is very helpful at all Cara Cepat Mengobati Kurap

    BalasHapus
  38. Thank you very much, the information you provide is very helpful at all Mengenal Penyakit Eksim

    BalasHapus
  39. Thank you very much, the information you provide is very helpful at all Gejala Penyakit Polio

    BalasHapus

  40. Thank you very much, the information you provide is very helpful at all Gejala Penyakit Ayan

    BalasHapus
  41. thanks for the information you have provided, it is very useful for me
    QnC Jelly Gamat Asli
    Bahaya Konstipasi Dan Cara Mengobatinya

    BalasHapus
  42. thanks for the information you have provided, it is very useful for me
    QnC Jelly Gamat Asli
    Obat Herbal Penyakit Batuk

    BalasHapus
  43. Thanks for the information that has been submitted, it may be useful specifically my reading and writing you :) And there is little hope can be helpful and useful:
    Cara Sederhana Mengatasi Mata ikan
    Obat Herbal Penyakit Hemofilia
    Cara Mengatasi Penyakit ISPA

    BalasHapus
  44. Thanks for the information that has been submitted, it may be useful specifically my reading and writing you :) And there is little hope can be helpful and useful:
    Cara Mudah Mengatasi Benjolan Di Samping Wajah
    Cara Cepat Atasi Jerawat
    Obat Herbal Penyakit Thalasemia
    Cara Mengatasi Penyakit Rubella

    BalasHapus

  45. Thanks for the information that has been presented, extremely helpful to me and I gain more insight Obat Herbal QnC Jelly Gamat

    BalasHapus

  46. Thank you for the information that has been submitted, its content greatly enhances my insight Obat Herbal QnC Jelly Gamat Asli

    BalasHapus

  47. Thank you very very helpful postings for me, once again I thank you and when you have health problems your son or our siblings give a solution just click this link Obat Penurun Panas

    BalasHapus
  48. "Thanks for sharing information very interesting and useful. Do not forget to visit our website to share information and knowledge about health"

    cara mudah membeli QnC jelly dengan mudah
    cara mengobati sakit gigi
    cara menyembuhkan benjolan dikepala
    cara menghilangkan jerawat tanpa bekas

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...