Penanganan Terkena Knalpot Panas

Kejadian kena knalpot saat mesin menyala atau knalpot sedang panas tentunya sering terjadi. daerah yang biasanya terkena adalah bagian kaki.. Ketika terkena knalpot akan menimbulkan luka bakar pada daerah kulit yang terkena.
Berdasarkan kedalaman luka kulit yang terkena knalpot sama dengan luka bakar, dan dapat kita bagi menjadi 3 :
  • Derajat 1
Daerah kulit yang terkena panas knalpot hanya bagian luar dari kulit (epidermis). Kulit nampak kemerahan yang disertai rasa nyeri, dan tidak melepuh (bula). Tanpa penanganan pun biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2-5 hari dan biasanya tidak menimbulkan bekas.
  • Derajat 2
Daerah yang terkena panas knalpot mengalami kerusakan lebih dalam dari derajat satu yaitu mengenai lapisan kulit epidermis dan dermis. LUka berwarna kemerahan dan tampak pucat disertai kulit melepuh (Bula). Nyeri yang di timbulkan juga lebih sakit dibandingkan derajat satu.
  • Derajat 3
Daerah yang terkena panas knalpot mengalami kerusakan sangat dalam. mulai dermis epidermis dan subkutis mengalami kerusakan. daerah yang terkena sudah tidak melepuh lagi tetapi mengelupas. dan nyeri yang di timbulkan malahan tidak seberapa karena sel sel syaraf mengalami kerusakan.
Penanganan luka terkena knalpot ;
  1. Jangan Panik dan tetap tenang
  2. Secepat mungkin menyiram air mengalir selama 5-10 menit. Bila memungkinkan gunakanlah air matang karena lebih bersih. Kalau terpaksa tidak ada bisa juga digunakan air keran pada daerah yang terkena knalpot. Hal ini akan mengurangi nyeri dan mencegah meluasnya area kulit yang rusak seperti pernah di bahas sebelumnya pada Penanganan Pertama Terkena Air Panas
  3. Bila kulit yang terkena mengalami kerusakan derajat dua. usahakan lepuhan kulit jangan sampai pecah. bila sudah terlanjur pecah berikan obat untuk mencegah infeksi dan tutup luka dengan kasa steril. Obat yang digunakan sepert Supratulle®, daryantulle®, bioplacenton tulle® dan yang lainnya
  4. Bila kerusakan kulit pada derajat tiga segera tutup dengan kasa steril kemudian bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat
Sedangkan hal hal yang harus di hindari saat terkena knalpot :
  1. Menggunakan air es / air dingin dari lemari es untuk menyiram area yang terkena knalpot, karena malah bisa merusak jaringan.
  2. Mengoleskan pasta gigi, mentega, mentega, minyak, kecap, dan yang lainnya. Karena bahan bahan tersebut akan meningkatkan resiko infeksi
  3. Memecahkan gelembung kulit yang timbul. Luka yang menggelembung merupakan proses pertahanan tubuh dan proses penyembuhan luka jadi tidak perlu di khawatirkan.
  4. Membalut luka dengan kapas (bila kulit yang melepuh pecah).

Penanganan Terkena Knalpot Panas 9 out of 10 based on 15 ratings. 9 user reviews.

36 komentar:

  1. penanganan di nomer 2 katanya siram air dingin pada daerah yang terkena knalpot, sedangkan hal hal yang harus di hindari itu nomer satu adalah Menggunakan air es / air dingin dari lemari es untuk menyiram area yang terkena knalpot, karena malah bisa merusak jaringan. yang bener yg mana????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penanganan terkena knalpot menggunakan air dingin biasa saja( air keran) dan di hindari menggunakan air es (air dingin dari lemari es).
      thanks

      Hapus
    2. Mas Tegar lebih baik tulisannya direvisi lagi, sy karena sdg panik kena knalpot, g sempet baca sampai akhir lgsung pake air kulkas, setelah itu baru baca g boleh air es. Lebih baik tulis saja pake air keran/ air suhu biasa.






      Hapus
    3. Ok Pak Ade .. sudah saya revisi, pada poin satu penanganan terkena knalpot. biar tidak menimbulkan penafsiran salah tentang air dingin. karena air dingin yang saya maksudkan adalah air biasa / air keran dan bukan air es.
      Terimakasih masukkannya...

      Hapus
  2. hai salam kenal pengalaman pribadi sya pernah kena luka bakar menggunakan krim berbahan dari lidah buaya combinasi propolis alhasil cepat sembuh dan hilang tanpa bekas saya beli di tokoonline tokoone.com/krim-aloe-propolis-aloe-propolis-ampuh/?affid=1550

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake propolis Utk luka bekas knalpot yg sudah bertahun tahun dpat pudar ga? Uda prnah nyoba laser tapi belum bs hilang, biaya nya mahal pula.. Trims

      Hapus
  3. Kebetulan nih, kaki kena knalpot.
    Tapi cara penggunaan supratulle gimana ya.. Kapan harus diganti, apakah tiap hari diganti yg baru atau dibiarkan sampai sembuh. Soalnya pas luka udah aga kering untuk lepas balutan supratulle nya susah karena nempel dengan permukaan yg kering dan jadi basah lagi lukanya. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara penggunaan Supratulle cukup mudah yaitu cukup di tempel aja pada daerah luka.
      Sufratulle bisa di ganti tiap har, dan untuk melepas dapat digunakan Larutan Nacl 0,9% yang dapat di beli di apotik. Larutan Nacl 0,9% dapat di guyurkan di daerah luka atau pada supratulle yang menempel pada luka sampai basah sehingga memudahkan untuk melepaskannya.

      Hapus
  4. Beberapa hari yg lalu suami saya kakinya terkena knalpot dan cukup lebar. Lalu menggelembung, dipecahkan dan berubah jd koreng. Disekitar luka nampak pembuluh darah seperti membesar agak timbul (sebelumnya tidak ada).
    Dan dari tdi pagi setiap kali buang air kecil, luka dibetis kakinya "ngebet" lalu mengeluarkan darah segar yg mengalir. Apa hubungannya saat buang air kecil dengan luka knalpot dikaki, sya jg bingung. Knp bs bgtu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas tidak ada hubungan secara langsung antara Buang air kecil dan Luka kena knalpot di kaki.
      Darah yang keluar dari kaki yang terkena knalpot kemungkinan dari pembuluh darah di kulit yang terluka akibat terkena paparan panas..
      Bila luka sudah menjadi koreng atau infeksi sebaiknya di rawat secara insentif dengan perawatan luka... Bila luka lebar tapi tidak dalam dapat dilakukan perawatan terbuka tapi bila luka lumayan dalam sebaiknya dilakukan penutupan luka dengan perban Steril.
      Bila perlu diberikan antibiotik oral untuk menyembuhkan infeksinya dan segera ke pelayanan medis terdekat agar dapat dilakukan pengobatan dan perawatan lukanya.
      Bila bisa melakukan sendiri sebaiknya dengan menggunakan tehnik steril dalam melakukan perawatannya..

      Hapus
  5. saya 3 hari lalu terkena catokan rambut, lukanya hampir sama dengan knalpot. karena menggelembung dan didalam luka tersebut terdapat cairan tapi sampai sekarang saya biarin aja. dan cairan itu masih ada.area tersebut juga berubah warna menjadi coklat gelap. yang saya tanyakan apakah kalo dibiarkan saja, cairan yang ada di dalam area tersebut bisa masuk lagi ketubuh dan bakal normal kembali tanpa ada bekas luka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luka kena catokan rambut dengan luka kena panas menurut saya agak berbeda. Warna hita dalam luka tersebut kemungkinan di sebabkan oleh pembuluh darah yang membuka dan menjadi bekuan darah dalam gelembung tadi. jadi isinya adalah darah yang membeku.
      kalo luka tidak besar dan tidak pecah biasanya akan sembuh sendiri setelah beberapa hari.. karena bekuan darah akan diserap oleh tubuh..

      Hapus
    2. Saya juga terkena catokan di area samping leher. Pd saat kejadian saya hanya olesi air mineral saja karna saya pikir tidam akan berdampak sakit apa2. Stelah beberapa jam,timbullah perubahan warna gelap. Ditinggal tidur,kulitnya mengelupas perih bgt. Saya harus melakukan apa ya mas? Thx before

      Hapus
  6. Klo udh trlnjur d ksih pasta gigi ma minyak gmn?? Tolong bls

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sudah Terlanjur Luka kena knalpot di beri Pasta gigi dan minyak, luka harus di bersihkan sampai bersih dari bahan bahan tersebut. membersihkan nya dengan larutan steril seperti NACL 0,9% yang dapat di beli di apotik atau di bersihkan sedikit demi sedikit dengan kassa basah steril.
      Selanjutnya untuk penatalaksannaannya dapat dilakukan seperti Cara Menangani Luka Terkena Knalpot/ panas di atas.

      Hapus
  7. Bang kaki sy kena knalpot 3 hari lalu. Terus besoknya nggelembung isi cairan. Klo dibuat jalan ngilu. Bahaya nggak ? Trus kira2 obat biar cpet kempes dan gak membekas lukanya itu apa ? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. @lilik Nurhayati ; Kalo menggelembung tar gak sampai seminggu biasanya dah kempes maka biarkan aja, usahakan gelembungnya jangan sampai pecah,
      untuk ngilu cukup di beri obat pengurang rasa sakit
      dan kalo gelembung tersebut apabila nggak pecah biasanya ndak menimbulkan bekas yang berarti

      Hapus
  8. Mas, klo gelembungnya terlanjur pecah sndiri? Biasanya krn posisi duduk d lantai atau jongkok. Udh 3 hr ini, kena d betis. Tp cuma sy ksh betadine, stelah dkeringkan airnya. Gmn tuh? Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila Bula (Kulit Yang Melepuh) sudah terlanjur pecah prinsipnya mencegah area yang pecah resiko infeksi dengan cara menutup luka dengan kasa steril. Sebelum di tutup bisa dijuga di berikan pbat yang digunakan seperti Supratulle®, daryantulle®, bioplacenton tulle® dan yang lainnya.
      Boleh juga di kasih Betadine® (Iodine Providone) cuman pemberian obat ini agak nyeri dan tutuplah dengan kasa kering steril. Cuman ada yang mengatakan obat ini kadang menimbulkan bekas sedikit kecoklatan.. dan kalau bisa di hindari pemberian terutama di daerah wajah.

      Hapus
  9. 3 hari yang lalu saya terkena knalpot . Hari pertama saya bersihin pakai air strong accide karna katanya teman saya bisa mengeringkan . Hari kedua saya kasih hansaplas (belum ada darah / nanah ) saya kasih hansaplash karena kalau pakai celana terasa sakit . Hari ke 3 saya check luka saya ternyata membengkak . Lalu saya lepas dan ada nanah yg bercecer dan darah .

    Cata menananginya bagaimana ? Mohon bantuanya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seberapa luas area yang terkena knalpot ?
      kalo di bersihkan dengan Strong accide saya belum punya referensi yang memberikan rekomendasi untuk di gunakan sebagai pembersih luka. karena sifat asam pada air itu yang kuat mungkin malah bisa merusak jaringan.
      Untuk luka yang mengandung nanah dan darah kemungkinan area yang terkena luka sudah mengalami infeksi. bila bengkak dan area sekitar luka berwarna merah dan nyeri.
      Bila area yang terkena knalpot agak luas baiknya di berikan antibiotik untuk mengatasinya da nyerinya dapat di berikan anti nyeri. konsultasikan dengan dokter anda.
      bila area yang terkena knalpot hanya kecil, coba bersihkan dengan larutan NaCL 0,9% sampai bersih kemudian berikan tutup dengan Supratulle®, daryantulle®, bioplacenton tulle® dan yang lainnya secukupnya dan yang terakhir tutup dengan kassa steril. lakukan perawatan luka setiap hari.

      Obat-obat an di atas bisa di dapat di apotik.

      Hapus
    2. Lukanya kira" berdiameter 1cm tapi agak memanjang . Kira" di kasih revanol apa bisa untuk pembersihanya ?

      Hapus
    3. Rivanol nggak di rekomendasikan.. baiknya lakukan perawatan seperti balasan diatas..

      Hapus
  10. bang kalau lukanya 1,5 x 5 terus bulanya ud pecah...tetap pake yg perawatan abang saranin bole?

    BalasHapus
  11. Kemarin saya terkena minyak goreng panas apa penanganannya seperti kena kenalpot..?

    BalasHapus
  12. Anak saya jg kena knalpot td pg..trus sy ksih minyak zaitun.. boleh ngga pak.. kalo ga boleh dan sdh terlanjur saya kasih minyak zaitun... bagaimana? Terimaksih..

    BalasHapus
  13. Pak. 3 hari yg lalu saya terkena knalpot sampai mengelupas dan menghitam di beberapa bagian. Saya sudah kasih bioplaceton dan sudah saya bersihkan dengan air juga. Beberapa bagian sudah mengering namun ada bagian yg basah. Kira2 cara merawatnya agar cepat kering bagaimana ya pak? Terima kasih

    BalasHapus
  14. Pak saya sudah seminggu terkena knalpot (derajat 3) belom sembuh-sembuh, terkena dibagian punggung kaki (kaki kiiri). Kondisi luka kering, mengeluarkan cairan & bengkak. Bagaimana cara menyembuhkannya Pak. #Thanks

    BalasHapus
  15. Pak ank sya trkna knalpot udh sya ksh bioplasenton lukanya mengelembung tp glmbuge pecah solusine gmn pak?mksh sblume

    BalasHapus
  16. Keponakan saya dy kena knalpot, knalpot tersebut dipegangnya, tp g terlalu panas knalpot tersebut tp dy terasa perih saya lgasg memcuci tanganya dengan air kran trus saya kasah bioplasenton tp dy mash nangis2 kesakitan gmn ya caranya mungkin dy kena tipe darajat 1 saya liat tidak melepuh cuman kemerahan ja

    BalasHapus
  17. Keponakan saya dy kena knalpot, knalpot tersebut dipegangnya, tp g terlalu panas knalpot tersebut tp dy terasa perih saya lgasg memcuci tanganya dengan air kran trus saya kasah bioplasenton tp dy mash nangis2 kesakitan gmn ya caranya mungkin dy kena tipe darajat 1 saya liat tidak melepuh cuman kemerahan ja

    BalasHapus
  18. Saya kena knalpot di bagian telapak kaki, gmana cara mengatasinya?

    BalasHapus
  19. Saya bbrpa hari yg lalu kena knalpot , kulit ny mengelupas sendiri pas pertama kena knalpot itu.prtma" ny saya balut pakek kapas yg di kasih Betadine . Krn klo pas kena celana gitu sakit .
    Lama" emg bagian pinggiran luka agak mengering, tp yg bagian tengah malah keliatan ada kuning" ny gt dan basah.
    Klo di pakek jalan pun jg sakit bgt ,.
    Cara mengatasi ny gmn ya ?
    Makasih :)

    BalasHapus
  20. aku dulu pas waktu kecil juga kena knalpot panas, pas, motornya bapak berhenti terus kna knalpot tapi untuk sudah dikasih obat salep dan lukanya sudah nggak ada lagi sekrang

    BalasHapus
  21. Aku baru baru ini jg kna knalpot derajad 2 luka skrng menggembung dan berair tp skrng udh 6 hari gembung agak sedikit kimpes...kata orang ad yg harus dkempesin alasannya nanti ad daging tumbuh gitu ....benar tdk ya??...tp ad jg yg g bleh dkempesin biar tdk terjadi pembkasan...sementara ini saya kasih bioplacenton saja sma alkohol biar tdk ad kuman yg dteng

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...