Alasan mengapa kita sering Mengantuk

Kita terkadang mengalami kesulitan untuk tetap terjaga, sering mengantuk saat siang hari yang berlebihan, mudah tertidur dan mengalami kesulitan dengan perhatian atau konsentrasi. Kita mungkin bertanya-tanya kenapa sering mengalami keluhan mudah mengantuk dan badan terasa mudah lelah.
Mengantuk merupakan salah satu tanda dari tubuh kita agar melakukan istirahat dari kegiatan.Biasanya datang rasa kantuk  saat malam hari atau saat merasa lelah. Tetapi dalam kondisi tertentu orang mengalami rasa kantuk yang berlebihan atau selalu merasa mengantuk, bahkan saat kita aktifitas atau bekerja.

Berikut adalah beberapa kemungkinan alasan mengapa kita merasa mengantuk sepanjang hari :

Kurang darah (Anemia)

Kurang darah atau anemia adalah salah satu penyebab timbulnya rasa kantuk yang paling sering terjadi. Kekurangan sel darah merah menyebabkan gangguan kebutuhan oksigen dalam jaringan atau organ tubuh manusia, sehingga menimbulkan akibat sering merasa mengantuk

Produksi Hormon Tiroid Menurun (Hypothyroid)
Hormon tiroid di produksi oleh kelenjar tiroid yang terletak di dasar leher. Fungsi hormon tiroid adalah sebagai alat pengontrol metabolisme dan mengatur pembakaran energy dalam tubuh manusia. Ketika hormone tiroid menurun produksinya maka fungsi metabolisme dan pembakaran energi pada tubuh menurun. Hal itu menyebabkan badan menjadi lemah, lesu dan selalu mengantuk.

Kencing Manis (Diabetes)
Gula darah berfungsi sebagai bahan bakar dari energy tubuh. Dengan gula darah yang terlalu tinggi berakibat tubuh tidak dapat menggunakannya menyediakan energi. Sehingga orang yang mengalami peningkatan gula darah yang berlebihan muncul keluhan merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu.

Kekurangan cairan tubuh (Dehydration)
Salah satu tanda dari kekurangan cairan tubuh adalah lelah dan mudah mengantuk. Oleh karena itu di perlukan cairan tubuh yang cukup untuk menjaga tubuh agar tetap segar.

Perasaan sedih yang sangat mendalam (Depression)
Gejala yang paling umum pada orang yang mengalami depresi adalah Kelelahan, selalu mengantuk, sakit kepala dan menurunnya nafsu makan.

Gangguan tidur (Sleep Disorder)
Adanya Gangguan tidur menyebabkan perasaan kelelahan dan rasa kantuk yang terus-menerus.

Sindrom kelelahan kronis (Chronic Fatigue Syndrome)
Sindrom kelelahan kronis yaitu lelah sulit hilang dan biasanya ditandai dengan lemah, lesu, mengantuk, mudah marah, nyeri otot dan juga dapat menyebabkan hilangnya memori.

Gambar : howtohealthylife.com

Alasan mengapa kita sering Mengantuk 9 out of 10 based on 15 ratings. 9 user reviews.

3 komentar:

  1. Artikelnya bagus. Izin menjadikan artikel ini sebagai literatur. Matur nuwun

    BalasHapus
  2. waaah... ternyata kayak gitu ya.. :(

    jadi takut klo ngantuk..

    BalasHapus
  3. agar hormon tiroid meningkat bgmn caranya ?
    titip jemuran, Gan, http://www.planetjilbab.com tengkyu...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...