Pertolongan Pertama Bila Bayi atau Anak Kejang- Kejang

Ilustrasi (drgreene.com)
Kejang Demam dalam istilah medis dikenal dengan nama Febrile convulsions atau istilah orang awam biasa disebut Step. Kejang Demam atau step biasanya terjadi pada anak yang mengalami demam (panas badan)yang tinggi, kemudian disertai dengan munculnya kejang-kejang atau istilah step. Umumnya kejang demam atau Step terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 5 Tahun. Kejang merupakan hal yang menakutkan bagi orang tua, akan tetapi biasanya tidak membahayakan. Orang tua akan panik bila kejang terjadi pada anaknya.

Apa beda kejang demam ini dengan epilepsi / ayan? Biasanya gejalanya sama yaitu kejang dan berulang, tetapi pada penderita epilepsi, kejang yang terjadi tidak di sertai demam.

Gejala yang timbul yaitu biasanya penderita akan terlihat aneh untuk beberapa saat, tubuh tersentak dan kemudian kaku, kelojotan dan memutar matanya. Penderita biasanya tidak berespon untuk beberapa saat, napas akan terganggu, mengeluarkan air liur, muntah dan kulit akan tampak lebih gelap dari biasanya. Setelah episode kejang, penderita akan segera normal kembali. Kejang-kejang ini biasanya terjadi beberapa detik hingga satu menit, dan jarang terjadi kejang yang melebihi 15 menit

Kejang biasanya berhenti sendiri. Apabila kejang berhenti, penderita biasanya tidak bereaksi sama sekali untuk sesaat setelah beberapa detik/menit kemudian penderita. Tapi jika kejang berlangsung lama(lebih dari 15 menit), berulang dan tidak segera dilakukan pertolongan dan pengobatan bisa berbahaya karena bias terjadi kerusakan otak atau sebagai awal dari penyakit serius.

Beberapa langkah Pertolongan pertama yang dilakukan orang tua bila anaknya mengalami kejang demam (step) adalah sebagai berikut :

  1. Sesegera mungkin memindahkan anak ke tempat yang aman seperti lantai atau kasur serta jauhkan dari benda benda keras dan tajam atau benda benda berbahaya2.
  2. Palingkan atau Miringkan posisi kepala ke salah satu sisi agar air liur atau ludah dan muntah dapat mengalir lewat mulut. Hal tersebut dapat mencegah anak tersedak.
  3. Longgarkan pakaian anak untuk menghindari sesak nafas karena pakaian yang ketat.
  4. Jangan memasukkan benda apapun ke dalam mulut selama episode kejang-kejang, termasuk memberinya makanan, minuman maupun obat obatan.
  5. Jika terjadi kesulitan bernafas dan kulit membiru dan atau kejang lebih dari 15 menit segera panggil ambulance atau secepatnya bawa ke rumah sakit terdekat.

Pertolongan Pertama Bila Bayi atau Anak Kejang- Kejang 9 out of 10 based on 15 ratings. 9 user reviews.

2 komentar:

  1. Nice Article. Untuk menstabilkan panas anak Anda agar tidak
    mengalami gangguan penyakit akibat suhu badan yang naik turun,
    ini ada link menarik untuk mendapatkan
    gelang bayi mengatasi step.

    BalasHapus
  2. Kalau anak kejang otomatis gigi langsung mengatup, Yang saya tahu, agar lidah tidak tergigit, gigi yang mengatup harus diganjal dengan sendok yang dibungkus dengan kain. Apakah itu benar?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...