Pertolongan bila tersengat lebah/tawon

Bila tersengat Lebah atau Tawon dan sejenisnya disampinng terasa sakit/nyeri bisa juga muncul  benjolan pada tempat sengatan lebah. Selain itu juga bisa muncul gejala ringan berupa iritasi kulit bahkan sampai gejala yang berat sampai sesak napas dan dapat mengancam jiwa. Hal itu tergantung dari daya bisa lebah yang menyengat.

Berikut Tips bila tersengat Lebah /Tawon.
  1. Segera lepaskan sengat lebah yang masih menempel di permukaan kulit dengan hati hati. Jangan menggunakan tangan untuk mencabutnya karena bierresiko memperbanyak bisa lebah yang keluar. Gunakanlah benda benda berbentuk lempengan datar seperti kartu Atm, Kartu GSM, Kartu Kredit, Penggaris mika dll. 
  2. Berikan Kompres dingin atau es pada kulit uyang tersengat selama kurang lebih 10 menit. Tujuannya adalah untuk mengurangi nyeri bekas sengatan dan mengurangi pembengkakan bekas sengatan. 
  3. Mengupayakan daerah kulit yang tersengat tetap bersih dan kering. 
  4. Berikan obat pengghilang sakit bila nyeri tidak tertahan. 

Perhatian : Jangan menganggap enteng sengatan lebah, karena ada reaksi alergi akibat sengatan lebah bisa sampai mematikan manusia. Segera bawa ke dokter atau unit Gawat darurat Bila muncul gejala : Sesak nafas, nafas terdengar seperti penderita asma, Kesulitan menelan makanan, Mual muntah, timbul bengkak di seluruh tubuh.

Pertolongan bila tersengat lebah/tawon 9 out of 10 based on 15 ratings. 9 user reviews.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...